Destinsi Baru: Air Terjun Perawan Sidoharjo Kulonprogo

Air Terjun di Jogja. Mendengar air terjun atau curug Sidoharjosaya langsung update infonya. Air terjun ini terletak di Kulonprogo.Curug Sidoharjo ini tepatnya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Arah paling mudah adalah start dari tugu terus ke barat menyusuri jl godean. Perempatan ring road masih terus kebarat, sampai di pasar godean perjalanan masih diteruskan sampai ke arah dekso kulon progo.
Dari sini ancar-ancar yang bisa digunakan adalah pasar dekso. Perkiraan dari tugu sampai dekso sekitar 1 jam perjalanan menggunakan motor. Jaraknya sekitar 5 km dari Pasar Dekso, setelah sampai di MTs Sidoharjo belok ke kiri dan melewati jalan yang menanjak, dan selanjutnya harus melawati jalan setapak di pinggir sawah dan hutan. Jika masih bingung kalau sudah sampai di sekitar pasar dekso bisa tanya langsung ke penduduk. Sedangkan papan nama dan penunjuk arah belum tersedia.
Ketika masuk dari jalan utama kiri kanan adalah pemandangan alam perawan yang memanjakan mata. Walaupun jalan belum terlalu bagus tapi bisa sambil menikmati bentangan alam desa yang segar. Karena belum terkelola dengan baik maka parkir kendaraan masih di lahan penduduk. Perjalanan sekitar 500 m selanjutnya dengan jalan kaki menyusuri rimbunya pohon pohon dan jalan setapak. Sampai di tujuan..terbayar sudah kelelahan menuju ke sana. Buliran titik titik air halus menerpa wajah saya.
Bagaimana tidak air terjun setinggi 30-40 meter membuat air yang jatuh memecah dan tertiup angin. Dari jarah beberapa puluh meter sudah membuat basah pakaian kami. Air terjun ini jatuh dari tebing batu dengan pemandangan kanan kiri yang ditumbuhi tanaman menghijau. Saat saya datang saya menjumpai beberapa ekor kera liar di sekitar curug. Nah bagi anda yang belum tau destinasi wisata baru ini, bisa menjadi alternatif berwisata di wilayah kulon progo. Tapi harus diingat karena debit air terjun ini sangat tergantung pada curah hujan. Jika musim kemarau air terjun ini debit air menyusut bahkan kering.