Kesenian JOGJAKARTA


Ada banyak kesenian tradisional di Jogjakarta atau Jawa. Berikut ini beberapa kesenian jawatradisional Jawa, yang juga merupakan budaya Jawa.
WAYANG
 Wayang dalam bentuk yang asli merupakan kreasi budaya orang Jawa yang berisi berbagai aspek kebudayaan Jawa. Wayang sudah ada jauh sebelum masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia.Pada jaman Neolitikum pertunjukan wayang awalnya terdiri atas upacara-upacara keagamaanyang berlangsung di malam hari untuk persembahan kepada ³Hyang´. Pertunjukan wayangceritanya menggambarkan jiwa kepahlawanan para nenek moyang yang ada dalam mitologi.Pada masa sekarang pertunjukan wayang sudah sangat berbeda jika dibandingkan dengan pertunjukan yang sama dimasa lampau. Dahulu wayang digambarkan sesuai dengan wajah nenek moyang.Orang Jawa gemar sekali menonton wayang karena ceritanya berisi pelajaran-pelajaran hidupyang sangat berguna yang dapat dijadikan pedoman dan tuntunan di dalam menjalani hidup dimasyarakat. Berdasarkan cerita dan penyajian kira-kira ada 40 jenis wayang yang ada diIndonesia, diantaranya wayang beber, wayang klithik, wayang kulit, wayang krucil dan wayangthengul atau wayang golek. Pementasan wayang selalu diiringi dengan musik gamelan.
WAYANG KULIT
 Wayang kulit biasanya dibuat dari kulit kerbau atau kulit lembu. Wayang kulit kini telah menjadiwarisan budaya nasional dan sudah sangat terkenal di dunia sehingga banyak orang asing yangdatang dan mempelajari seni perwayangan. Pertunjukan wayang kulit sampai saat ini tetapdigemari sebagai tontonan yang menarik, biasanya disajikan semalam suntuk.
WAYANG WONG
 Wayang Wong berarti wayang yang diperankan oleh manusia. Ceritanya juga hampir samadengan cerita-cerita pada wayang kulit namun dalangnya disamping sebagai piñata cerita tetapi juga sekaligus sebagai sutradara panggung.
WAYANG THENGUL / WAYANG GOLEK 
 Wayang Thengul/Wayang Golek adalah wayang berbentuk boneka dari kayu. ceritanya berasaldari kisah Menak. Orang suka menonton wayang ini karena gerakan-gerakan boneka kayu yangdidandani persis manusia ini sangat mirip dengan gerakan orang.
WAYANG KLITHIK 
 Wayang ini dibuat dari kayu papan dan nama ini berasal dari suara klithik-klithik sewaktudimainkan dan biasanya ceritanya adalah Damarwulan.
LANGEN MANDRA WANARA
 Langen Mandra Wanara yang merupakan kombinasi antara berbagai jenis tarian, tembang,drama dan irama gamelan adalah salah satu bentuk kesenian tradisional Yogyakarta.Karakteristik tarian ini adalah para penarinya berdiri dengan lutut atau jengkeng sambil berdialogdan menyanyi µmocopat¶. Cerita langen mandra wanara diambil dari kisah ramayana denganlebih banyak menampilkan wanara/kera.
KETHOPRAK 
 Kethoprak adalah kesenian tradisional yang penyajiannya dalam bahasa Jawa ceritanya bermacam-macam berisi dialog tentang sejarah sampai cerita fantasi serta biasanya selaludidahului dengan tembang Jawa. Kostum dan dandanannya menyesuaikan dngan adegan dan jalan cerita serta slalu diiringi dengan irama gamelan dan keprak
KARAWITAN
Musik gamelan tradisional Jawa yang dimainkan oleh sekelompok Wiyaga dan diiringi olehnyayian dari Waranggono dan Wiraswara biasanya disebut µUyon-uyon¶, sedangkan kalau tanpadiiringi oleh nyayian dari Waranggono atau Wiraswara disebut µSoran¶.
JATHILAN
 Merupakan tarian yang penarinya menggunakan kuda kepang dan dilengkapi unsur magis.Tarian ini digelar dengan irinhgan beberapa jenis alat gamelan seperti Saron, kendang dan gong.
SENDRATARI RAMAYANA
 Salah satu sendratari yang terkenal adalah sendratari Ramayana. Sendratari Ramayanamempunyai keistimewaaan tersendiri karena ceritanya mengisahkan antara pekerti yang baik (ditokohkan oleh Sri Rama dari negara Ayodyapala) melawan sifat jahat yang terjelma dalamdiriRahwana (Maharaja angkara murka dari negara Alengka)Sendaratari Ramayana dipentaskan di Panggung Terbuka Prambanan secara rutin pada bulanMeisampai Oktober, masing-masing dalam 4 (empat) episode yaitu :
 Episode satu: Hilangnya Dewi Shinta
 
 Episode dua:Hanoman Duta
 
 Episode Ketiga:Kumbokarno Leno atau gugurnya Pahlawan Kumbokarno
 
 Episode Keempat: Api suci
 Apabila ingin menyaksikan ceritera Ramayana secara ringkas (full story), dapat menonton diTeater Tri Murti Prambanan pada setiap hari selasa, rabu, dan kamis. Alternatif lain bagi merekayang ingin menonton Sendratari Ramayana di kota Yogyakarta, beberapa tempat yangmenyajikan diantaranya di Jl. Brigjen Katamso (Pura Wisata dan Ndalem Pujokusuman)
TARI KREASI BARU
 Seni Tari dan seni Karawitan Jawa berkembang terus dengan munculnya tata gerak tari(koreografi) dan iram-irama baru. Salah seorang perintis tari kreasi baru adalah seniman 

Tidak ada komentar: