Garin Nugroho Putar Film ‘Maklumat 5 September’ di Kepatihan

JOGJA—Dalam rangka memperingati Maklumat 5 September 1945, Sineas Garin Nugroho akan menggelar pemutaran film di Bangsal Kepatihan Jogja, Rabu (5/9) malam. Film berjudul Maklumat 5 September ini adalah koleksi Badan Arsip dan Perpustakaan Darah DIY.
Humas Pemda DIY Kuskasriati mengatakan selain menggelar pemutaran film juga akan digelar diskusi bersama sejumlah pengamat sejarah dan masyarakat umum. “Pemutaran film dan diskusi ini tujuannya melakukan peringatan maklumat 5 September 1945,” katanya belum lama ini.
Maklumat itu menandai peran DIY dalam usaha mempertahankan kemerdekaan RI dengan menggabungkan diri dengan NKRI. Selain itu juga dalam rangka syukuran selesainya pembahasan RUUK menjadi UUK DIY yang rencananya diserahkan pada 4 September 2012. Ungkapan syukur itu dengan cara melihat kilas balik sejarah.
Garin akan ditemani sejarawan KH Jazid yang akan menjelaskan sejarah tentang DIY. Diharapkan masyarakat bisa hadir dalam acara ini karena bisa menjadi sumber pengetahuan sejarah DIY masa lalu.

Tidak ada komentar: